Cara Mengukur Ubin Lantai untuk Renovasi Rumah dan Kamar

Cara Mengukur Ubin Lantai untuk Renovasi Rumah dan Kamar

Cara Mengukur Ubin Lantai untuk Renovasi Rumah dan Kamar – Jika Anda tidak memiliki tenaga profesional untuk mengukur luas ruang, Anda tidak perlu kuatir karena Anda bisa melakukannya sendiri. Berikut adalah tips untuk mengukur luas lantai sehingga Anda dapat memesan jumlah ubin yang tepat untuk merenovasi rumah, ruangan tertentu atau kamar Anda.

  • Kamar berbentuk persegi. Kamar berbentuk persegi adalah yang paling mudah. Kita hanya perlu mengukur panjang dan lebar. Jangan lupa mengurangi setiap area yang tidak memerlukan ubin, misalnya ruang yang akan ditutupi dengan bahan yang berbeda. Hitung pula cadangan secukupnya, yaitu sekitar 5% karena nanti pada waktu pengerjaan akan ada bagian ubin yang dipotong menyesuaikan bentuk lantai ruangan.

  • Ruang berbentuk segitiga. Anda bisa mencari luas ruangan tersebut dengan rumus sederhana, yaitu (Panjang x Lebar)/2. Lalu hitung pula cadangan ubin yang dibutuhkan, yaitu sekitar 10%. mengingat nanti pada prakteknya akan ada bagian ubin yang akan dipotong menyesuaikan bentuk lantai ruangan.

  • Ruang berbentuk lingkaran. Ruang dengan bentuk tersebut adalah ruang yang paling sulit diukur. Luas setengah lingkaran adalah (3,14 x Radius x Radius)/2 (atau Π R ²)/2. Tambahan ubin yang diperlukan untuk ruang jenis lingkaran memang cukup banyak, yaitu sekitar 15%. Hal tersebut karena akan ada lebih banyak bagian ubin yang akan dipotong menyesuaikan sudut lantai yang berbentuk lingkaran.

Lanjutkan pengukuran ke ruangan lain sesuai dengan jenis bahan yang digunakan. Jangan lupa untuk menghitung luas ubin vertikal, misalnya dinding kamar mandi.

Tambahkan 5% ubin cadangan untuk untuk memastikan ubin cukup untuk menutupi kerusakan, kesalahan, keselarasan atau ubin yang harus dipotong menyesuaikan sudut ruangan. Kamar berbentuk rumit atau yang menggunakan instalasi rumit membutuhkan 10% sampai dengan 15% ubin tambahan.

Ketika Anda sudah selesai menghitung jumlah ubin yang Anda butuhkan, pergilah ke toko material yang menurut Anda memiliki persediaan yang lengkap dengan harga yang murah. Setelah tiba di toko pilihan, pastikan untuk memeriksa dimensi, deskripsi dan kualitas produk. Tanyakan juga berapa stok gudang yang tersedia.

Kekurangan bahan baku material akan mempersulit pembangunan atau renovasi, yang pada akhirnya justru akan menambah biaya yang harus Anda keluarkan. Dokumentasikan masalah yang terlihat dengan kamera Anda dan berkonsultasilah dengan tenaga profesional yang akan membantu Anda merenovasi rumah atau ruangan tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*